INDONESIA-KU

INDONESIA-KU

APAKAH ANDA PUAS DENGAN PEMERINTAH INDONESIA SAAT INI ??

Sabtu, 08 Januari 2011

Perbedaan antara bahasa Malaysia dan bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia dan Bahasa Malaysia adalah dua bentuk baku dalam Bahasa Melayu modern . Selain keduanya, terdapat pula bentuk baku lain yang dipakai di Brunei namun karena penuturnya sedikit bentuk ini menjadi kurang signifikan. Artikel ini mencoba menunjukkan perbedaan di antara kedua bentuk baku utama meskipun usaha-usaha penyatuan ejaan dan peristilahan selalu dilakukan di bawah koordinasi MABBIMS ( Majelis Bahasa Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Singapura ).
Sebenarnya tidak banyak perbedaan antara kedua bahasa tersebut. Berbagai varian bahasa Melayu digunakan di berbagai wilayah Indonesia dan semua mengakui bahwa bahasa yang digunakan di Provinsi Riau dan sekitarnya adalah Bahasa Melayu standar atau Bahasa Melayu Tinggi. Perbedaan latar belakang sejarah, politik, dan perlakuan yang berbeda menyebabkan munculnya perbedaan tata bahasa, peristilahan dan kosakata, pengucapan, serta tekanan kata pada dua bentuk standar modern yang sekarang dipakai.

Perbedaan itu secara garis besar dapat dipaparkan sebagai berikut:
  1. Dari latar belakang penjajahan asing bisa dikatakan bahwa bahasa Indonesia lebih menyerap bahasa Belanda sedangkan bahasa Malaysia lebih menyerap bahasa Inggris.
  2. Dari segi perlakuan, kedua-dua bahasa tersebut diperlakukan sesuai dengan kebijakan kebahasaan di negara masing-masing, namun ada perhimpunan yang mengatur bahasa Melayu yang disebut dengan Majelis Bahasa Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia
  3. Dari segi penyerapan kata di negara masing-masing, bahasa Indonesia yang didasarkan dari bahasa Melayu berdialek Riau menyerap pula bahasa-bahasa daerah di Indonesia seperti bahasa Jawa dll.
Contoh Bahasa Indonesia yang di pengaruhi Bahasa Belanda:
  1. Bahasa Belanda: Maart . Bahasa Indonesia: Maret
  2. Bahasa Belanda: Augustus . Bahasa Indonesia: Agustus
  3. Bahasa Belanda: apotheek, Bahasa Indonesia: Apotik
Contoh Bahasa Malaysia yang di pengaruhi Bahasa Inggris:
  1. Bahasa Inggris: August . Bahasa Malaysia: Ogos
  2. Bahasa Inggris: Police . Bahasa Malaysia: Polis
  3. Bahasa Inggris: Television . Bahasa Malaysia: Televisyen
Jadi, Negara Indonesia,Malaysia,Singapura,dan Brunei Darussalam dapat dikatakan adalah bangsa serumpun


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar