INDONESIA-KU

INDONESIA-KU

APAKAH ANDA PUAS DENGAN PEMERINTAH INDONESIA SAAT INI ??

Minggu, 02 Januari 2011

Riau akan dijadikan pusat Museum Bahasa Melayu

Pemerintah Provinsi Riau berniat akan membangun Museum Pusat Bahasa Melayu. Selain itu juga akan dibangun monumen Bahasa Melayu sebagai tanda ingatan masyarakat bahwa bahasa Melayu merupakan akar dari bahasa Indonesia.Menurut Gubernur, hasil rekomendasi itu menyebutkan, perlunya dibangun meseum Bahasa Melayu di Riau nantinya akan dijadikan sumber pembelajaran baik untuk masyarakat tempatan atau masyarakat Indonesia pada umumnya. Bahasa melayu, dinilai telah menjadi ruh bagi puak melayu dan puak lain sebagai sebuah identitas bersama bagi negara-negara di Asia Tenggara.Dimana jumlah penutur bahasa ini tidak kalah dari penutur bahasa-bahasa besar dunia yang lain bahkan lebih banyak dari pengguna bahasa Perancis yang dinilai paling elok di dunia.
Bahasa melayu yang digunakan di Riau dan Kepri adalah asal bahasa Indonesia yang pernah terbina secara intensif pada pertengahan abad ke 19. Bahasa Melayu ini dipergunakan sebagai pemersatu bahasa pengantar kemasyarakatan di masa kerajaan Riau-Lingga.
Gubernur Riau menambahkan, bahasa Melayu sebagai bahasa Indonesia perlu dilihat secara jujur karena ada pendapat dari pengamat bahasa dan budaya yang memandang asal muasal ini tidak penting. Sehingga bagaimana peranan bahasa Melayu Riau-Kepri yang telah dibina dan dipelihara oleh Raja Ali Haji dan para cendekiawan Riau masa itu, dalam perjalanannya hampir tidak pernah terungkap secara jujur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar